perjalananku

Kamis, 05 Februari 2009



Mengenal kota Lasem (Sekilas)

Udara pantai memang seger dan beda banget sama polusi kota-kota besar. Memang tidak sedikit kota-kota dipesisir pantai utara Pulau Jawa yang keberadaannya sekarang sangat berbeda dengan zaman dulu. Kita bisa melihat Kota Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang yang berkembang sangat pesan dan cenderung tidak teratata dalam proses pengembangan kotanya. Namun tidak sedikit kota-kota di pesisir utara Jawa yang masih terlihat sosok indahnya, dengan kekhasan nuansa tradisional dan sejarahnya.


Tengoklah salah satu kota dipesisir utara ulau jawa di bagian timur dari kota Remabang, terdapat sebuah kota Kuno yang masih menyimpan berbagai kekhasan sejarahnya yang sanagt kental. Kota tersebut adalah Kota Lasem. Kota ini berjarak kurang lebih 30 menit dari kota Rembang. Akses menuju kota ini dapat di tempuh dengan menggunkan Bus maupun kendaraan bermotor, dan sangat mudah sekali untuk kesana, dikarenakan kota tersebut merupakan kota yang di lintasi jalan Deandels yang di bangun lebih dari 200 tahun yang lalu.


Di kota Lasem kita bisa melihat adanya pemukiman Kolonial dan juga Pemukiman Cina yang masih sangat asli dan masih bertahan sampai sekarang. Selain itu terdapat juga kekhasan lain yaitu yang terenal adalah Batik Lasem yang memiliki ornamen atau hiasan batik yang sangat khas dengan corak yang agak "ngejreng" dan juga motif yang sangat kental akan pengaruh Cinanya.

Tidak ada komentar: